Pengertian Big Data

Sejarah Big data,

Oke sebelum kita oke sebelum kita lanjut ke pengertian big data kita harus memualinya dari sejarah big data itu seperti apa ?

Konsep Big Data merupakan sebuah konsep yang sudah ada sejak dulu .

atau di mulai Pada tahun 1960-an – 1970-an,

ketika penyimpanan data yang besar diperkenalkan pada dunia dan mulai dibangunya datacenter dan pembuatan relasi antar tabel untuk penyimpanan banyak tabel.

Dan semua itu berlanjut hingga tahun 2005 dimana pada tahun itu Facebook pertama kali dirilis.

Kesadaran akan Big Data semakin meluas akibat Facebook dirilis. dan pada saat itulah big data sudah mulai banyak digunakan karena pertumbuhan media sosial seperti facebook semakin bermunculan,

serta data data pengguna yang memiliki akun medsos semakin bertambah setiap detiknya.

serta status pengguna yang semakin bertambah, riwayat chatingan yang terus bertambah setiap detiknya

Analisa big data

Karena Facebook memungkinkan banyak hal untuk pengguna lakukan. Selain itu,

tidak adanya batasan pengguna dan jangkauan aplikasi yang bisa mencakup seluruh dunia,

semakin orang-orang sadar Facebook akan semakin terkenal. Dan benar semua prediksi tersebut karena di tahun 2018, sudah ada 2 miliar pengguna Facebook.

Setiap pengguna pastinya sudah melakukan update status, bahkan upload gambar dan video yang membuat jumlah data semakin banyak.

Big data adalah menggambarkan data set yang besar baik StructuredSemi-Structured maupun Unstructured data. Definisi big data bisa juga dijelaskan dalam 3V :
  1. Volume Penyimpana data dalam jumlah yang besar
  2. Velocity Kecepatan dalam mengakses sebuah data yang besar
  3. Variety Variasi format data yang disimpan sangat banyak dan besar
di bawah ini merupakan 3 jenis format data :
  1. Structured data yaitu relational database (RDBMS)
  2. Semi-Structured data seperti pada XML, JSON
  3. Unstructured data seperti Dokumen, metadata, video, gambar, audio, file teks, ebooks, email message, social media, jurnal dll.
Analisis data adalah proses meneliti data untuk mengetahui pola tersembunyi,

korelasi yang belum diketahui, dan informasai berguna lainnya.data masa kini dan masa mendatang memiliki variasi yang terus berkembang Hal ini berbeda dengan data masa lalu yang bersifat terstruktur, misalnya nama, nomor telepon, alamat, keuangan, pendidikan, jenis kelamin dan sejenisnya yang bisa dikategorikan secara rapi dan bagus dalam tabel data.

namun pada data masa kini ialah dimana data ini bersifat unstructure up to date seperti data pada medsos yang dimana selalu update datnya seperti status, foto, video, percakapan . karena banyaknya variasi format data yang tersimpan pada era saat ini dari masalah tersebut mulai muncul sebuah inovasi teknologi yaitu bagaimana data yang bervariasi tersebut dapat disimpan dan diakses secara bersamaan dan juga pengolahan datanya secara cepat karena mengingat variasi format data pada database big data ini sangat besar dan pastinya selalu up to date setiap detiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *