Pengertian Cloud computing

Sejarah Cloud Computing

Pada tahun 50-an, Cloud Computing memiliki konsep yang mendasar. Ketika komputer mainframe yang tersedia dalam skala yang besar dalam dunia pendidikan dan perusahaan dapat diakses melalui komputer terminal disebut dengan Terminal Statis. Terminal tersebut hanya dapat digunakan untuk melakukan komunikasi tetapi tidak memiliki kapasitas pemrosesan internal.

Agar penggunaan mainframe yang relatif mahal menjadi efisien maka mengembangkan akses fisik komputer dari pembagian kinerja CPU. Hal ini dapat menghilangkan periode tidak aktif pada mainframae, memungkinkan untuk kembali pada investasi. Hinga pertengahan tahun 70-an dikenal dengan RJE remote proses Entry Home Job yang berkaitan besar dengan IBM dan DEC Mainframe.

Pengertian Cloud Computing

Cloud computing adalah metode untuk memberikan layanan teknologi informasi (TI) di mana sumber daya diambil dari internet melalui alat dan aplikasi berbasis web,

sebagai lawan dari koneksi langsung ke server. Daripada menyimpan file di hard drive atau perangkat penyimpanan lokal, penyimpanan berbasis cloud memungkinkan untuk menyimpannya ke basis data jauh. Selama perangkat elektronik memiliki akses ke web, ia memiliki akses ke data dan program perangkat lunak untuk menjalankannya.

Berbagai Jenis Komputasi awan

Komputasi awan bukanlah satu bagian teknologi, seperti microchip atau telepon seluler. Sebaliknya, ini adalah sistem, terutama terdiri dari tiga layanan: infrastruktur sebagai layanan (IaaS), perangkat lunak sebagai layanan (SaaS) + dan platform sebagai layanan (PaaS). SaaS diharapkan mengalami pertumbuhan tercepat, diikuti oleh IaaS.

  • Software as a Service (SaaS)

    SaaS melibatkan pemberian lisensi dari aplikasi perangkat lunak kepada pelanggan. Lisensi biasanya disediakan melalui model pay-as-you-go atau sesuai permintaan. Pasar yang berkembang pesat ini dapat memberikan peluang investasi yang sangat baik,

  • Infrastuktur as a Service(IaaS)

    Infrastruktur sebagai layanan melibatkan metode untuk mengirimkan semuanya dari sistem operasi ke server dan penyimpanan melalui konektivitas berbasis IP
    sebagai bagian dari layanan sesuai permintaan. Klien dapat menghindari kebutuhan untuk membeli perangkat lunak atau server, dan sebagai gantinya mendapatkan sumber daya ini dalam layanan yang dialihdayakan, berdasarkan permintaan.

  • Platform as a Service(PaaS)

    adalah kategori layanan komputasi awan yang menyediakan platform yang memungkinkan pelanggan untuk mengembangkan, menjalankan, dan mengelola aplikasi tanpa kompleksitas membangun dan memelihara infrastruktur yang biasanya terkait dengan pengembangan dan peluncuran aplikasi.

Manfaat Cloud computingKeamanan data

  • Keamanan data pengguna dapat disimpan dengan aman lewat server yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing seperti jaminan platform te knologi, jaminan ISO, data pribadi, dll.
  • Semua data tersimpan di server secara terpusatSalah satu keunggulan teknologi cloud adalah memungkinkan pengguna untuk menyimpan data secara terpusat di satu server berdasarkan layanan yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing itu sendiri. Dengan demikian, pengguna tidak per perlu lagi menyediakan infrastruktur seperti data center, media penyimpanan/storage dll karena semua telah tersedia secara virtual.
  • Fleksibilitas dan skalabilitas yang tinggi ,Teknologi Cloud menawarkan fleksibilitas dengan kemudahan data akses, kapan dan dimanapun kita berada dengan catatan bahwa pengguna (user) terkoneksi dengan internet. Selain itu, pengguna dapat dengan mudah meningkatkan atau mengurangi kapasitas penyimpanan data tanpa perlu membeli peralatan tambahan seperti hardisk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *